Friday, December 21, 2012

KELAINAN KATUP AORTA JANTUNG

oleh: Dr. Gusti Reza dan dr. Dudy A. Hanafy,SpBTKV
(hanafymedical@gmail.com)


Katup Aorta adalah salah satu katup jantung yang secara normal memiliki tiga daun katup, walaupun pada 1% populasi memiliki 2 daun katup. Letak katup aorta ada diantara ventrikel kiri dan aorta.


Gambar 1. Pembuluh Aorta

Fungsi dan Fisiologi Katup

Saat sistol ventrikel, tekanan meningkat di ventrikel kiri, saat tekanan ventrikel kiri lebih tinggi dari tekanan aorta, katup aorta akan membuka dan darah akan mengalir dari ventrikel kiri ke aorta. Ketika sistol ventrikel berakhir, tekanan di ventrikel kiri turun secara cepat dan tekanan di aorta memaksa katup aorta untuk menutup kembali untuk mencegah darah yang sudah ada di aorta tidak kembali ke ventrikel kiri. Menutupnya katup aorta ini menimbulkan suara jantung kedua (S2).

Gambar 2. Jantung Manusia

Penyakit-Penyakit Katup Aorta


Terdapat dua kelompok besar proses yang dapat terkena pada katup Aorta. Pertama, stenosis aorta /AS (aortic stenosis) dimana katup aorta tidak dapat terbuka secara penuh, menyebabkan hambatan aliran darah keluar dari jantung. Kedua, Insufisiensi Aorta /AI/AR (aortic insufficiency/ aortic regurgitation) dimana katup aorta tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga masih ada darah balik dari aorta yang kembali ke ventrikel kiri. Kedua proses ini dapat terjadi bersamaan dalam satu individu yang sama dengan derajat yang berbeda-beda.

Penyebab tersering dari aortic stenosis termasuk demam rheuma, kalsifikasi karena proses degeneratif, dan penyakit kongenital seperti katup aorta yang bicuspid..

Penyebab tersering dari aortic regurgitation adalah pelebaran dinding aorta, riwayat penyakit rheuma sebelumnya, infeksi, seperti . infective endocarditis, degenerasi myxomatous dari katup aorta, dan Marfan's syndrome.

Lihat juga:

  1. Stenosis Aorta
  2. Regurgitasi Aorta

0 comments:

Post a Comment