Saturday, December 22, 2012

PERAWATAN BKJ MITRAL

oleh: Dr. Gusti Reza dan dr. Dudy A. Hanafy,SpBTKV
(hanafymedical@gmail.com)

PENDERITA STENOSIS MITRAL

  • Penderita stenosis mitral dengan klas fungsionil III-IV perlu perawatan di ruang intensif, bila membaik bisa pindah ke ruang perawatan biasa, untuk persiapan tindakan lebih lanjut.

PENGGUNAAN ANTIKOAGULAN POST OPERASI PENGGANTIAN KATUP BILEAFLET MEKANIK MITRAL

REKOMENDASI

  • Diberikan mulai hari pertama post operasi : warfarin 4 mg dengan target nilai INR 2,5-3,5
  • Pemeriksaan nilai INR dilakukan sebelum pemberian warfarin (baseline value), diulang pada hari keempat pemberian warfarin.

PENGGUNAAN ANTIKOAGULAN POST OPERASI PENGGANTIAN KATUP BIOPROSTESE MITRAL

REKOMENDASI

  • Diberikan mulai hari pertama post operasi : warfarin 4 mg dengan target nilai INR 2,0-3,0
  • Pemeriksaan nilai INR dilakukan sebelum pemberian warfarin (baseline value), diulang pada hari keempat pemberian warfarin.
Pada pasien tanpa disertai faktor risiko, warfarin diberikan selama 3 bulan pertama. Jika disertai faktor resiko*), warfarin dapat diberikan lebih dari 3 bulan.

*) Faktor resiko: atrial fibrillation, left ventricular dysfunction (EF < 35%), thromboembolism sebelumnya, dan kondisi hypercoagulasi, LA enlargement > 50mm

PENGGUNAAN ANTIKOAGULAN POST OPERASI MITRAL REPAIR

REKOMENDASI

  • Diberikan mulai hari pertama post operasi : warfarin dengan dosis 4 mg dengan target nilai INR 2,5. Warfarin diberikan selama 3 bulan pertama.

PENGGUNAAN ANTIPLATELET POST OPERASI PENGGANTIAN KATUP BILEAFLET MEKANIK MITRAL

REKOMENDASI

  • Pemberian aspirin dengan dosis 75-100 mg dipertimbangkan diberikan pada pasien post operasi penggantian katup mekanik atau bioprostese mitral dengan faktor resiko*), pada kondisi dimana pasien tidak dapat diberikan aspirin, dapat digantikan dengan clopidogrel dengan dosis 75 mg.

Lihat juga:



0 comments:

Post a Comment